Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan berbagai bantuan yang bersumber dari Dana Desa di Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Bantuan tersebut berupa bantuan beasiswa, alat dan mesin pertanian berupa alat semprot untuk kelompok tani, serta bantuan produktif atau usaha untuk penyandang disabilitas.

Bupati Nelson, Jumat, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa yang berkolaborasi baik dengan Badan Usaha Milik Desa yang menurutnya benar-benar bermitra untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah desa benar-benar memanfaatkan dana desa termasuk manfaatkan bantuan sumber anggaran PAD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Nelson.

Nelson menjelaskan, memang dalam membangun itu sumber anggaran bukan hanya dari APBD Pemerintah Kabupaten tapi juga ada dari Dana Desa, APBD Provinsi, termasuk dana Pemerintah Pusat.

Terkait beasiswa, kata Bupati, bersumber dari PAD tahun ini, dimana Desa Tabongo Timur memperoleh hasil pembagian kurang lebih 38 juta, dan dana itu di kembalikan kepada masyarakat dalam bentuk program-program termasuk penerima bantuan Alsintan.

Selanjutnya juga ada bantuan yang dikhususkan untuk lomba mewarnai antar-anak PAUD dan itu ditopang hadiahnya dari Dana Desa.

"Demikian pula bantuan UMKM kepada kaum disabilitas dalam rangka pengembangan usaha kurang lebih Rp5 juta yang kerajinan nya adalah pembuatan sapu lidi, sapu abu bahan baku pohon enau," ujar dia menjelaskan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022