Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pengunjung makam pahlawan nasional asal Gorontalo, Nani Wartabone, yang dikenal sebagai tokoh patriot, Rabu, meningkat dibanding hari-hari sebelumnya.

Muhamad Kilat Wartabone, yang merupakan cucu dari pahlawan nasional Nani Wartabone mengatakan, bahwa setiap 23 Januari 2013 yang merupakan peringatan "Hari Patriotik", banyak para pengunjung datang untuk berdoa di makam kakeknya.

Meski pada hari-hari biasa ada juga yang datang berkunjung di makam pahlawan tersebut, namun cukup berbeda dengan hari ini.

"Kali ini lebih banyak pejabat yang datang berkunjung untuk berdoa," kata Kilat.

Khusus untuk pemerintah daerah, yang datang berkunjung baru rombongan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo.

Sementara ada juga sejumlah organisasi kemasyarakatan maupun mahasiswa yang datang berbondong-bondong khusus untuk berdoa sebagai bentuk peringatan jasa salah pahlawan nasional itu.

"Kalau di hari biasa, banyak juga yang dari luar daerah yang datang berkunjung," kata Kilat.

Makam pahlawan nasional nani wartabone tersebut berada di Jalan Jembatan Merah Desa, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango berdampingan dengan museum yang juga dinamakan dengan namanya.

Menurut sejarah pada 23 Januari 1942 silam Nani Wartabone memimpin perjuangan kemerdekaan di Gorontalo yang kemudian hingga kini hari itu dikenal sebagai hari patriotik. ( Wahiyudin Mamonto )

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013