Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menerima sebanyak 18 dokter internship dari Kementerian Kesehatan, dengan tujuan memantapkan mutu profesi yang baru lulus pendidikan kedokteran berbasis kompetensi.

"Pemkab Bone Bolango mengapresiasi program ini, dengan harapan bisa memaksimalkan tugas-tugas pelayanan kesehatan ke warga di daerah," kata Penjabat Bupati Bone Bolango, Nurdin Mokoginta, Senin.

18 dokter dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan di Kementerian Kesehatan ini, semuanya berasal dari luar daerah, ada yang dari Jakarta, Medan dan Jogya.

Mereka akan bertugas selama 8 bulan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila dan 4 bulan di Puskesmas Kabila dan Puskesmas-Puskesmas terdekat lainnya.

"Dengan kehadiran dokter-dokter baru ini, tentunya sangat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah ini," katanya.

Apalagi mereka sudah siap bertugas di Kabupaten Bone Bolango dan siap membantu warga akan memberikan dampak positif pada pelayanan kesehatan secara memadai dan memotivasi tenaga medis lainnya.

"Terapkan ilmu-ilmu yang kalian dapatkan di bangku pendidikan dan bekerjasama baik dengan

seluruh `stakeholder` yang ada, apakah itu pihak pemerintah daerah, rumah sakit maupun Puskesmas," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango Rusli A. Katili menjelaskan bahwa keberadaan 18 dokter muda itu dalam rangka program internship dokter Indonesia, di mana sudah selesai pendidikan dokter dan sudah disumpah.

"Tapi mereka harus melaksanakan dan mengikuti program pemantapan mutu klinis selama 1 tahun di rumah sakit dan Puskesmas untuk meningkatkan kemampuannya menangani pasien lebih bagus lagi," jelasnya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016