Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo mulai melakukan pendataan awal Registrasi Ekonomi Sosial (Regsosek) tahun 2022 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Kami mulai pendataan Regsosek dengan mendatangi Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer," ucap Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif di Gorontalo, Sabtu.

Ia menjelaskan, perlindungan sosial di Indonesia menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah menekankan pentingnya ekosistem pendataan perlindungan sosial yang terintegrasi secara menyeluruh diciptakan agar perlindungan sosial tepat sasaran.

Oleh karena itu, inisiatif Registrasi Sosial Ekonomi dilakukan sebagai sinergi dan kolaborasi multi kementerian/lembaga dalam penyediaan data berkualitas.

"Regsosek diharapkan dapat menyediakan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat," ungkap Hanief.

Pelaksana Regsosek tergabung dalam Gugus Tugas Pendataan yang berkoordinasi dengan Penyelenggara Satu Data Indonesia. Kementerian/lembaga yang termasuk dalam gugus tugas adalah Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa PDTT, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Badan Pusat Statistik.

"Langkah awal dalam pelaksanaan Regsosek 2022 adalah Pendataan Awal Regsosek yang dimulai hari ini, 15 Oktober 2022 hingga tanggal 14 November 2022," ujar Hanief.

BPS mengemban tugas melakukan pendataan tersebut berdasarkan Inpres No 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan arahan Presiden dalam Rapat Terbatas tanggal 15 Februari 2022.

Pendataan awal Regsosek merupakan pendataan seluruh penduduk yang mencakup seluruh profil dan kondisi sosial ekonomi.

Informasi yang dikumpulkan dalam pendataan itu, diantaranya adalah kondisi sosioekonomi geografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, dan informasi sosial ekonomi lainnya.
 
Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer (kanan) menjawab pertanyaan petugas pada pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di Rumah Jabatan Gubernur di Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (15/10/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022