Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, menyerahkan pengantar nota keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Perubahan tahun 2013, ke DPRD dalam rapat paripurna, Kamis.

Sebelumnya, DPRD juga telah menyepakati kebijakan umum anggaran maupun prioritas dan plafon anggaran sementara perubahan APBD 2013.

Gubernur menjelaskan, ranperda APBD-P 2013 diajukan berdasarkan hasil evaluasi terhadap kinerja realisasi keuangan daerah, kinerja ekonomi nasional dan daerah 2012, serta melihat perkembangannya pada tahun 2013.

"Dari evaluasi tersebut, dilakukan penyesuaian terhadap pendapatan daerah, SILPA tahun 2012, pergeseran anggaran dan tambahan belanja prioritas yang belum terakomodir dalam Perda APBD 2013," katanya.

Pada RAPBD-P 2013, kata dia, pemerintah tetap fokus pada pencapaian target empat program prioritas, yakni pendidikan gratis, kesehatan gratis, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

"Di bidang pendidikan, kami mengalokasikan anggaran untuk SDM seperti dokter dan tenaga medis. Demikian juga di bidang kesehatan fokus pada pelayanan kesehatan menyeluruh, melalui program Jamkesta," tambahnya.

Di bidang infrastuktur, fokus pada pemeliharaan dan peningkatan jalan, irigasi, perbaikan sarana dan prasarana. Untuk peningkatan ekonomi kerakyatan, pemprov fokus pada pemberian bantuan langsung kepada masyarakat seperti penyaluran benih jagung, bibit ayam, bantuan mesin katinting dan alat tangkap ikan.

Pewarta: Oleh Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013