Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap pelaksanaan vaksinasi booster untuk anak usia sekolah di daerah itu, segera dilaksanakan.

"Khususnya vaksinasi booster untuk anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebab ini penting untuk memastikan kekebalan anak sekolah terhadap virus corona tetap terjaga," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Mikdad Yeser di Gorontalo, Senin.

Vaksinasi booster di sekolah-sekolah juga untuk meningkatkan capaian secara luas.

Mengingat data Dinas Kesehatan menyebut, capaian vaksinasi booster di daerah ini belum mencapai 30 persen.

Maka langkah-langkah cepat perlu dilakukan pemerintah daerah melalui dinas terkait selaku penanggung jawab kegiatan untuk segera meningkatkan capaian vaksinasi.

Menurutnya, izin pemberian booster kepada anak merupakan harapan terbaik bagi Indonesia khususnya daerah perlintasan Sulawesi ini sebagai daerah terbuka, untuk mengendalikan penularan COVID-19.

Apalagi anak-anak sekolah telah menggelar kegiatan tatap muka 100 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune, mengatakan, pihaknya membuka layanan vaksinasi COVID-19 setiap hari.

Masyarakat bisa datang ke Puskesmas untuk mendaftarkan nama dan mendapatkan panggilan untuk divaksin.

Khusus pelaksanaan vaksinasi booster bagi anak usia sekolah, pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan para kepala sekolah.

Ini penting dilakukan, dalam rangka menyiapkan jadwal pelaksanaan. "Kami siapkan petugas vaksinasi juga vaksin. Pelaksanaan pun tidak hanya akan berlangsung di sekolah, namun masyarakat sasaran vaksin dapat proaktif datang ke Puskesmas untuk divaksinasi dosis satu, dua maupun booster," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022