Desa Lonuo di Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo meraih juara tiga kategori homestay, dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Senin, mengapresiasi prestasi Desa Lonuo di bidang pariwisata tersebut.

“Alhamdulillah Desa Lonuo dengan destinasi Bukit Arang, meraih juara III Anugerah Desa Wisata Indonesia kategori homestay. Ini keren,” kata Hamim di Gorontalo.

Ia juga berharap prestasi Desa Lonuo ini bisa menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Bone Bolango, untuk berbenah mengembangkan dan memajukan desanya berbekal potensi masing-masing.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango Yudiawan Maksum, mengaku optimistis desa tersebut akan merain penghargaan dari Kemenparekraf.

“Dengan predikat ini, kami berharap warga dan Pemerintah Desa Lonuo semangat untuk menjadikan desanya lebih maju, meningkatkan kunjungan wisata, yang berdampak pada pelestarian alam dan peningkatan ekonomi warga setempat,” katanya.

Desa Lonuo dikenal dengan Bukit Arang, yang merupakan lokasi untuk berkemah dengan pemandangan di atas ketinggian 347 Mdpl, dengan fasilitas untuk paralayang, sepeda gantung, dan homestay.

Kabupaten Bone Bolango memiliki potensi alam yang dapat dikembangkan untuk pariwisata, terutama ekowisata.

Wilayah daerah ini sebagian besar merupakan Kawasan konservasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, yang kaya biodiversitas flora maupun fauna.

Bone Bolango juga memiliki garis Pantai Selatan membentang hingga perbatasan Sulawesi Utara, dengan potensi pariwisata yang besar.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022