Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menyerahkan mesin katinting dan perahu perairan laut kepada para nelayan di Kecamatan Batudaa Pantai, Kecamatan Biluhu dan Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir di Gorontalo, Senin, mengatakan di Kecamatan Batudaa pantai sebanyak 13 Unit mesin katinting dibagikan, Kecamatan Biluhu enam unit dan Kecamatan Bilato enam unit.

"Untuk Kecamatan Batudaa Pantai dipusatkan di Desa Lamu," ucap Roni Sampir.

Sementara untuk Kecamatan Bilato dan Biluhu dipusatkan di taman Wisata Desa Botuboluo.

Sekda Roni menegaskan, bantuan kepada kelompok nelayan ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

Bantuan mesin katinting dan perahu tersebut, kata Sekda Roni diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Saya meminta bantuan yang telah diberikan agar dimanfaatkan dengan baik, sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi para nelayan," kata Sekda Roni.

Anggaran bantuan mesin katinting dan perahu perairan laut bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022.

Ia berharap bantuan tersebut bisa menambah hasil tangkap ikan para nelayan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan. Kabupaten Gorontalo memiliki berbagai potensi ikan tangkap seperti tuna, cakalang, ikan kembung (oci) dan malalugis.

Kabupaten Gorontalo memiliki panjang garis pantai berkisar antara 80 km yang memiliki karakteristik pantai berbatu/berpasir dengan luas ZEE kurang lebih 587,6 km2 yang membentang di tiga kecamatan yaitu Batudaa Pantai, Bilato, dan Biluhu.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022