Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terus memperjuangkan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Pulau Ponelo merupakan satu-satunya wilayah kecamatan kepulauan di daerah ini. Sehingga kemajuannya melalui peningkatan infrastruktur harus diperjuangkan," kata anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail, di Gorontalo, Selasa.

Jika dana bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tidak cukup, pembangunan jalan di Ponelo Kepulauan diharapkan dilakukan bertahap.

"Yang penting rampung, meski pelaksanaannya bertahap," katanya.

Menurutnya, salah satu cara mendorong kemajuan wilayah kecamatan kepulauan adalah meningkatkan infrastruktur.

Apalagi hanya ada 4 desa di pulau berpenduduk 4.400 jiwa ini. Sehingga pembangunan jalan penghubung akan lebih mudah terlaksana.

Namun DPRD memang sangat mendesak pembangunan jalan tersebut, mengingat ada potensi ekonomi yang sangat besar akan mudah dikembangkan dengan hadirnya infrastruktur tersebut.

Diantaranya, sektor kelautan dan perikanan, sektor pertanian dan perkebunan.

Maka keberadaan jalan yang akan menghubungkan desa satu dengan lainnya, diyakini akan memudahkan aktivitas perekonomian di wilayah yang pernah maju pesat karena produksi rumput laut di tahun 1990-an tersebut.

Gustam yang juga duduk sebagai anggota Badan Anggaran, meminta keseriusan pemerintah daerah setempat, agar pembangunan jalan tersebut dapat dilanjutkan pada Tahun Anggaran 2023.

"Secara bertahap, mungkin untuk tahun depan anggarannya bisa dialokasikan Rp2 miliar. Yang penting keseriusan dalam merealisasikan jalan tersebut benar-benar dilakukan," katanya.

Ia mengatakan, akan mengawal realisasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Ini komitmen kami sebagai anggota DPRD, dengan harapan perekonomian di wilayah kepulauan dapat cepat maju dengan penyediaan infrastruktur memadai," katanya pula.

Sekretaris Daerah setempat, selaku ketua tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), Suleman Lakoro, mengatakan, alokasi anggaran pembangunan infrastruktur di daerah itu, termasuk di wilayah kecamatan kepulauan sangat prioritas.

"Kita berupaya optimal dalam menganggarkan agar jalan di wilayah Ponelo Kepulauan dapat terealisasi di Tahun Anggaran 2023. Sebab ini bukan sekadar harapan masyarakat, namun menjadi prioritas pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan sumber penerimaan berdasarkan potensi wilayah," imbuhnya.***
Badan Anggaran DPRD Gorontalo Utara, melakukan pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022