Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo, memastikan lima partai politik (parpol) baru peserta Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 di daerah itu, telah memenuhi syarat.

"Setelah melalui tahapan verifikasi faktual perbaikan, 5 parpol baru tersebut yaitu PKN, Partai Garuda, Partai Buruh, Partai Ummat dan PSI, dinyatakan telah memenuhi syarat," kata Komisioner KPU Gorontalo Utara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Gandhi Akase Tapu, di Gorontalo, Jumat.

Sehingga sesuai Peraturan KPU (PKPU) nomor 4 pasal 129, bahwa hasil verifikasi faktual perbaikan pada peserta Pemilu 2024, akan ditetapkan melalui rapat pleno yang menghadirkan parpol dan Bawaslu.

"Kami telah menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan pengurusan dan keanggotaan parpol Pemilu serentak 2024, dihadiri parpol dan Bawaslu. Juga telah menyampaikan hasilnya melalui sistem informasi parpol (Sipol) ke KPU RI," katanya.

Sehingga dapat dipastikan, seluruh parpol baru atau 9 parpol sebelumnya yang ada di daerah ini, telah memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu serentak 2024.

Gandhi memastikan, tahapan verifikasi faktual parpol termasuk perbaikan pengurusan dan keanggotaan, telah dilakukan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dengan pengawasan pihak Bawaslu.

Sehingga seluruh parpol peserta Pemilu diharapkan mengikuti tahapan dengan baik. Juga ikut mengedukasi publik untuk mendukung pelaksanaan Pemilu serentak 2024 dengan aman, lancar dan kondusif.

Termasuk bebas dari beragam bentuk pelanggaran khususnya politik uang yang dapat mencederai pelaksanaan pemilu.

"Kita tanamkan optimisme kepada seluruh elemen masyarakat daerah ini, agar pelaksanaan pesta demokrasi dapat berlangsung sukses dan damai. Tahapan 2023 hingga 2024 berjalan aman dan sesuai harapan," imbuhnya.***
KPU Gorontalo Utara, menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan pengurusan dan keanggotaan parpol Pemilu serentak 2024, dihadiri parpol dan Bawaslu. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022