Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat dan Jawa Timur menjalin kerja sama di bidang perhubungan, khususnya konektivitas pelabuhan laut.

"Kerja sama telah diawali dengan pembahasan bersama pada 12 Desember 2022, serta kunjungan kerja Pemprov Gorontalo ke Jawa Timur pada 14 Desember 2022. Kerja sama tersebut meliputi fasilitasi konektivitas pelabuhan laut di Provinsi Gorontalo dengan pelabuhan laut di Provinsi Jatim, untuk kepentingan angkutan antarpulau," kata Hamka, Kamis.

Kerja sama lainnya adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perhubungan, sebagai bagian dari peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami juga akan melakukan pengembangan sistem penyelenggaraan angkutan umum perkotaan dan penyelenggaraan tipe B,” kata Hamka.

Menurutnya digitalisasi layanan publik serta pertukaran data dan informasi bidang perhubungan, juga menjadi pembahasan kedua provinsi tersebut.

“Kami juga akan terus berkoordinasi terkait optimalisasi layanan perhubungan udara. Ada juga di bidang peningkatan pelayanan manajemen kepegawaian, melalui sistem informasi manajemen ASN integrasi dan Assesment Center,” tambahnya.

Melalui sistem tersebut, akan dilakukan penilaian serta pengukuran kompetensi ASN untuk pengembangan sumber daya manusia,”katanya.

Sebelumnya, kunjungan Hamka ke Jawa Timur disambut langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

“Niatan kunjungan silaturahmi ini sudah lama ingin kami laksanakan, namun baru terealisasi sekarang. Ini untuk menjalin sinergi dan memperkuat persahabatan yang erat. Apalagi pada Maret 2022 yang lalu, ibu Gubernur Jatim telah melaksanakan misi dagang Jatim di Provinsi Gorontalo. Jadi ini menjadi salah satu tindak lanjut dari kerja sama tersebut,” kata Hamka.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022