Pemerintah Provinsi Gorontalo memberikan bantuan 54 peralatan pengolahan pascapanen kepada petani setempat dalam rangka membantu menggenjot produksi pertanian di daerah tersebut.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer di Gorontalo, Rabu, menyatakan bahwa untuk tahun 2022, ada sekitar 54 alat pasca panen yang berhasil didatangkan oleh Pemprov Gorontalo, dengan membeli dari PT Corin di Jawa Timur.

Ia memaparkan bahwa alat-alat tersebut terdiri dari sebanyak 34 unit combine harvester, 15 unit traktor roda empat, dan lima unit UV dryer (pengeringan).

Kelengkapan beragam alat pasca panen ini ditinjau langsung oleh Hamka Hendra Noer dan Kepala Dinas Pertanian Mulyadi Mario di lokasi simpan pinjam Brigade Alsintan, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Dana yang dikucurkan untuk membeli alat-alat tersebut sekitar Rp50 miliar.

“Hari ini kami cek dan ternyata alat-alatnya sudah sampai. Kalau peralatan lengkap, tentu bisa membantu menggairahkan para petani dan memacu mereka berhasil di bidang pertanian,” kata Hamka.

Ia juga menginginkan Pemprov Gorontalo melengkapi peralatan dengan drone pertanian, yakni sebuah alat terbang yang berfungsi sebagai untuk menyiram benih padi.

Dengan drone khusus tersebut, masih menurut dia, maka para petani tidak perlu melakukan lagi penyiraman secara manual untuk menyemprotkan pupuk.

Pihaknya juga menginginkan kualitas panen petani Gorontalo semakin bagus, dengan biaya lebih efisien dan penggunaan tenaga kerja yang lebih sedikit.

“Kami ingin melakukan lompatan di bidang pertanian. Gorontalo itu terkenal dengan lumbung padi, sehingga kami ingin membuat petani terus menanam dan produksi kita tercukupi. Ke depan harus menggunakan teknologi yang canggih seperti drone, pasti kami anggarkan,” kata Hamka.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022