Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Roni Sampir menyebut Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan membantu pengobatan banyak warga kurang mampu di daerah itu.

"Maka dari itu peningkatan layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Gorontalo akan meningkat," ucap dia di Gorontalo, Rabu.

Ia menjelaskan pemerintah daerah se-Provinsi Gorontalo telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka optimalisasi program Jamkesta/Jamkesda, yang terintegrasi dengan JKN.

Penandatangan tersebut merupakan perpanjangan perjanjian dalam pelaksanaan pendaftaran serta pembayaran dan bantuan iuran kepesertaan program jaminan kesehatan bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja Pemerintah Daerah (BP Pemda).

Roni Sampir menyampaikan terima kasih dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang tinggi.

"Pemerintah daerah sangat berterima kasih karena permintaan masyarakat akan pelayanan kesehatan sangat tinggi," ujar nya

Ia mengaku pemerintah daerah terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia agar dapat menunjang pelayanan kesehatan.

"Oleh karena itu bagaimana pemerintah daerah terus meningkatkan pelayanan yang menunjang pelayanan kesehatan," kata dia.

Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Gorontalo, Sekda Roni Sampir menyampaikan daerah setempat mendapatkan penambahan satu rumah sakit di Boliyohuto dan dua puskesmas, yakni Puskesmas Bilato dan Puskesmas Telaga Puncak.

Ia mengungkapkan terkait aksesibilitas dengan kepesertaan BPJS Kesehatan membuat banyak masyarakat yang kurang mampu terbantu dengan adanya kerja sama tersebut, sehingga peningkatan layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Gorontalo akan meningkat.

"Terkait dengan kerja sama ini, maka ini tentu kita harapkan untuk bidang kesehatan baik itu puskesmas maupun rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan nya pada masyarakat," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022