Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo mendorong upaya merealisasikan Desa Mandiri di daerah itu.

"Tahun 2022, sebanyak 12 desa dinyatakan Desa Mandiri melalui penghargaan yang diterima. DPRD berharap prestasi tersebut tidak sekadar di atas kertas," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau di Gorontalo, Rabu.

Lembaga tersebut, katanya, sangat mengapresiasi prestasi yang diraih 12 desa tersebut.

"Mudah-mudahan bisa diikuti oleh desa lainnya. Mengingat ada 123 desa tersebar di daerah ini dengan beragam potensi yang dimiliki sebagai salah satu kekayaan dan modal untuk meraih Desa Mandiri," katanya.

Namun capaian tersebut harus sesuai fakta lapangan. Artinya kata dia, tidak ada rekayasa data sebab dampaknya pasti dirasakan masyarakat.

DPRD berharap, pemerintah daerah benar-benar memperhatikan capaian untuk penentuan Desa Mandiri.

Mengingat prestasi tersebut akan berdampak pada berkurangnya intervensi pemerintah daerah khususnya dari alokasi anggaran.

Sehingga Desa Mandiri tidak sekadar diraih oleh wilayah desa itu sendiri. Namun masyarakat pun harus benar-benar mandiri dari sisi pendapatan, perekonomian dan kesejahteraan.

Proses capaian tersebut harus berhasil diraih secara menyeluruh. "Dan DPRD pun mendorong optimisme seluruh pemerintahan desa dalam mencapai status Desa Mandiri," imbuhnya.

Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu  mengatakan pemerintah daerah terus memperkuat program pemberdayaan masyarakat dalam upaya penguatan kapasitas pemberdayaan masyarakat agar memiliki usaha-usaha produktif.

Juga mengembangkan setiap intervensi pemerintah menjadi usaha produktif sehingga menjadi kekuatan keluarga untuk membangun ekonomi keluarga.

Agar berdampak besar bagi pembangunan dalam rangka menunjang kebijakan nasional dalam pencapaian indeks membangun wilayah dan manusia.

Termasuk kemandirian desa secara menyeluruh. "Pemerintah daerah berharap, jumlah Desa Mandiri semakin bertambah sebagai indikator keberhasilan pencapaian kemajuan desa dan daerah, serta kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023