Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memperjuangkan asuransi untuk nelayan di daerah itu.

"Kami berdiskusi dengan para nelayan tangkap di daerah ini. Beberapa diantaranya, menanyakan tentang program asuransi," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte, di Gorontalo, Sabtu.

Menurutnya, asuransi bagi nelayan sangat penting. "Saya bahkan berinisiatif mengadakannya melalui program pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD," kata dia.

Mengingat banyak hal yang diharapkan bisa membantu nelayan jika masuk dalam program asuransi.

Jadi tidak hanya menyangkut keselamatan diri, namun perahu atau kapal ikan sebagai alat penunjang utama juga dapat diasuransikan.

Mengingat kerawanan kecelakaan saat melaut acapkali dihadapi para nelayan, apalagi saat cuaca ekstrem melanda.

Pihaknya kata Matran, akan melakukan pertemuan dengan pihak asuransi untuk memperoleh informasi rinci terkait kondisi apa saja yang dapat ditanggung dalam program asuransi.

Rencananya, sebanyak 400 nelayan diantaranya, di Kecamatan Ponelo Kepulauan, akan diperjuangkan di tahap awal untuk Tahun Anggaran 2023, sebagai peserta asuransi melalui pokir DPRD.

Ia mengatakan, DPRD bersama pemerintah daerah akan berjuang untuk memberi perhatian khusus terhadap risiko yang dihadapi nelayan melalui program asuransi.

Namun DPRD berharap, nelayan pun menaruh perhatian besar terhadap keselamatan diri saat melaut, seperti mengenakan pengaman atau baju pelampung dan membawa alat komunikasi saat melaut.

Hal itu penting diterapkan katanya, sebagai bentuk perhatian terhadap risiko profesi yang digeluti.***
DPRD Gorontalo Utara memperjuangkan program asuransi melalui pokir sebagai upaya memberi perhatian serius pada aktivitas nelayan tangkap. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023