Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo memprioritaskan penataan desa wisata dalam upaya mewujudkan destinasi wisata baru di daerah itu.

"Kami menargetkan minimal ada 2 destinasi wisata baru dengan lokasi fokus di desa, akan terwujud di tahun anggaran 2023 ini," kata Kepala Disparbud Gorontalo Utara, Robin Daud di Gorontalo, Kamis.

Ia bersama bidang promosi, bidang destinasi dan sub bagian perencanaan dinas tersebut, mengunjungi Pulau Dudepo, Kecamatan Anggrek.

Kunjungan itu dalam rangka identifikasi potensi kawasan destinasi wisata baru di daerah ini.

Robin mengatakan, pihaknya menemukan potensi besar di pulau kategori terpencil tersebut.

Dengan hamparan pantai pasir putih, pohon tahunan dan pohon kelapa yang berjejer indah, sangat tepat jika konsep membuka sektor pariwisata dengan mengembangkan destinasi wisata baru di desa, salah satunya terealisasi di pulau ini.

Menurutnya, Pulau Dudepo potensial dirancang sebagai destinasi wisata baru dan memiliki daya saing tinggi.

"Kami mencatat, pulau berstatus desa ini akan menjadi objek wisata bahari ramah lingkungan. Mengingat pantainya sangat bersih dan bebas sampah plastik. Dengan keunggulan yang dimiliki, dapat mengubah Pantai Tihengo di pulau ini menjadi destinasi wisata menjanjikan untuk dikelola masyarakat melalui konsep pemberdayaan," katanya pula.

Ditambahkan, Pulau Dudepo dekat dengan Pulau Bohu sebagai salah satu lokasi menyelam paling indah di kabupaten ini, juga berhadapan langsung dengan Pantai Monano.

"Interkoneksi wisata bahari yang sangat berpeluang menarik minat kunjungan wisatawan yang tinggi," kata Robin.

Dengan perencanaan dan pengelolaan yang tepat, diyakini potensi pariwisata Pulau Dudepo, akan berkontribusi besar pada penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, juga meningkatkan program pemberdayaan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kami berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Dudepo, untuk mewujudkan konsep membangun desa wisata sebagai destinasi wisata baru di wilayah ini," imbuhnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Disparbud Gorontalo Utara prioritaskan penataan desa wisata

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023