Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo mencatat bulan Februari 2023 Kota Gorontalo mengalami inflasi year on year (yoy) sebesar 5,78 persen.

"Terjadi kenaikan indeks harga konsumen (IHK) dari 106,48 pada bulan Februari 2022 menjadi 112,63 pada bulan Februari 2023," ucap Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif di Gorontalo, Rabu. 

Inflasi yoy Kota Gorontalo terjadi karena adanya kenaikan indeks pada delapan kelompok pengeluaran, penurunan pada dua kelompok pengeluaran, dan satu kelompok pengeluaran tidak mengalami perubahan indeks. 

Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 9,26 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 3,39 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 2,6 persen, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,73 persen.

Disusul dengan kelompok transportasi sebesar 12,26 persen, kelompok pendidikan sebesar 2,4 persen, kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran sebesar 6,83 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 5,44 persen. 

Kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok kesehatan sebesar 0,15 persen dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,3 persen.  

"Perkembangan harga berbagai komoditas di Kota Gorontalo selama Februari 2022 sampai dengan Februari 2023 secara umum menunjukkan adanya kenaikan," ucap Hanif. 

Dari 339 jenis barang dan jasa yang dipantau harganya di Kota Gorontalo selama bulan Februari 2022 sampai dengan Februari 2023, 180 jenis barang dan jasa menunjukkan adanya kenaikan harga, 42 jenis barang dan jasa mengalami penurunan harga, serta 117 jenis barang dan jasa tidak mengalami perubahan harga.

Hanif menjelaskan, IHK merupakan salah satu indikator ekonomi yang sering digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga (inflasi/deflasi) di tingkat konsumen, khususnya di daerah perkotaan. 

Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari paket komoditas yang dikonsumsi oleh rumah tangga.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023