Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mulai mendistribusikan dana zakat pada Ramadhan 1444 Hijriah/2023.

Ketua Baznas Gorontalo Utara, Rahmat Kasim, di Gorontalo, Minggu, mengatakan, selama Ramadhan ini, pihaknya merealisasikan program dakwah dan advokasi melalui kegiatan Safari Zakat Ramadhan.

"Kami menggelar sosialisasi tentang zakat yang dilakukan di setiap kecamatan. Kita gencar melakukan sosialisasi dengan harapan seluruh umat Islam di daerah ini, membayar zakat melalui Baznas. Segera menunaikan, untuk segera didistribusikan pula oleh Baznas," kata Rahmat.

Ia meyakinkan pembayaran zakat melalui Baznas, dapat mudah dan lebih cepat dilakukan, serta terdistribusi merata.

Saat ini, kata dia, Baznas ikut dalam rombongan pemerintah daerah melakukan Safari Ramadhan di seluruh kecamatan, termasuk menyosialisasikan terkait pembayaran zakat melalui lembaga resmi tersebut.

Baznas juga menggandeng para mubaligh yang ikut menyosialisasikan tentang zakat, infak dan sedekah, melalui ceramah agama yang dibawakan.

Pihaknya pun, kata Rahmat, bersama Kementerian Agama wilayah setempat, mendistribusikan dana infak di setiap Safari Ramadhan yang digelar.

"Kami berharap, edukasi terkait zakat, infak dan sedekah ini dapat efektif khususnya dalam mendorong umat Islam untuk menunaikan zakat fitrah awal waktu. Tentu melalui Baznas sebagai lembaga resmi yang diamanahkan dalam penyaluran. Kita yakinkan pula, penyaluran zakat melalui Baznas, pasti tepat sasaran dan merata diterima seluruh golongan yang berhak," imbuhnya.
 
Baznas Gorontalo Utara melakukan sosialisasi tentang zakat, infak dan sedekah, melalui kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah/2023 di seluruh masjid tersebar di 11 kecamatan. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023