Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango, Ishak Ntoma mengajak masyarakat Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo untuk menyalurkan zakat fitrah lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Ini mohon menjadi perhatian bagi kita semua dan kami menghimbau masyarakat bisa menyalurkan zakat fitrah melalui Baznas," ucap Ishak Ntoma di Bone Bolango, Ahad.

Panglima aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Bone Bolango itu menjelaskan ingin memaksimalkan peran Baznas di daerah melalui pengumpulan zakat, infak, dan sedekah dari ASN.

"Jika zakat, infak dan sedekah disalurkan lewat Baznas, Insya Allah ini bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran serta adil,," ujar Sekda.

Ishak Ntoma mengatakan besaran zakat fitrah tahun itu sudah sesuai dengan ketentuan dan kondisi masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Perhitungannya adalah harga tertinggi beras dijumlah dengan harga terendah dibagi dua kemudian dikali 2,5 kg. Penetapan besaran zakat fitrah ini hanya berbeda Rp3.000 dengan tahun lalu sebesar Rp30.000. Besaran ini moderat untuk semua kalangan.

Untuk pendistribusian zakat fitrah, Ishak Ntoma menjelaskan akan dibuatkan surat edaran jika dalam satu rumah tangga terdapat lima jiwa maka akan dianjurkan tiga jiwa dibayarkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bone Bolango.

"Ini juga dalam rangka mengoptimalkan peran dari Baznas untuk lebih meratakan penyaluran zakat fitrah," ujar Ishak Ntoma.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023