Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, menyiapkan 7 tempat pemungutan suara (TPS) lokasi khusus di daerah itu pada pemilihan umum (pemilu) serentak Tahun 2024.

"Kami siapkan TPS lokasi khusus pada Pemilu Serentak 2024. Tersebar di empat kabupaten dan kota, terdapat di 5 titik dengan jumlah 7 TPS," kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, di Gorontalo, Minggu.

Ia menjelaskan, sebanyak 981 pemilih akan menggunakan hak suara tersebar di 7 lokasi TPS khusus ini. Yaitu, 1 TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Limboto, Kabupaten Gorontalo. 1 TPS di Lapas Boalemo, 1 di Lapas Pohuwato, 3 TPS di Lapas Kota dan 1 TPS di perusahaan kayu dan sawit di Kabupaten Pohuwato.

"Kami telah melaporkan TPS lokasi khusus ini melalui forum KPU RI," katanya.

Pihaknya kata dia, memaksimalkan keberadaan TPS lokasi khusus ini. Serta memastikan pemilih dapat menggunakan hak suara dengan lancar.

Sophian menjelaskan, total TPS di Provinsi Gorontalo, tersebar di 6 kabupaten dan kota, mencapai 3.538 TPS.

Pihaknya memastikan akan memantau penyiapan seluruh TPS tersebut untuk pelaksanaan pemilu serentak 2024 agar berjalan lancar dan aman.

"Kita menerjunkan personel secara berlapis, mulai dari tingkat provinsi hingga desa, untuk pemantauan dalam memaksimalkan keberadaan seluruh TPS yang akan dibangun pada pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023