Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara AKBP Andik Gunawan memastikan wilayah perbatasan Provinsi Gorontalo, di kabupaten tersebut menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023, aman dan kondusif.

"Saya turun langsung mengecek wilayah perbatasan Provinsi Gorontalo di kabupaten ini. Baik melalui pintu masuk bagian timur di Kecamatan Atinggola berbatasan dengan Sulawesi Utara maupun bagian barat di Kecamatan Tolinggula berbatasan dengan Sulawesi Tengah. Dua pintu masuk ini relatif aman," kata Kapolres Andik, di Gorontalo, Kamis.

Dua pos pengamanan di dua perbatasan tersebut diawasi ketat oleh 50 orang personel gabungan dari TNI, Polri, dan unsur pemerintah daerah setempat. Ditambah satu pos pelayanan di Puncak Pontolo, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Gorontalo.

"Masing-masing 50 personel di setiap pos pengamanan dan pos pelayanan. Totalnya mencapai 150 personel yang berjaga 1x24 jam secara bergantian. Kita berharap, pengamanan dan pelayanan yang disiapkan dapat berlangsung dengan baik hingga H+7 lebaran Idul Fitri," katanya.

Petugas pos pengamanan akan mengecek langsung kendaraan yang melintasi pintu masuk perbatasan. Namun pemeriksaan akan dilakukan sporadis atau tidak ditentukan kapan waktunya.

Pengecekan kendaraan dari dan ke Provinsi Gorontalo melalui pintu perbatasan tersebut akan dilakukan pada kendaraan yang mencurigakan.

"Kita akan melakukan penggeledahan untuk memastikan tidak ada kendaraan yang membawa senjata tajam dan minuman keras," katanya.

Kapolres Andik mengimbau pemudik berhati-hati jika memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi. Hal yang sama pun bagi pengendara yang mengangkut para pemudik.

"Diharapkan memeriksa kendaraan dengan baik. Jangan memaksakan kendaraan jika dalam kondisi tidak baik, demi keselamatan pengendara dan penumpang," ungkapnya.
Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Andik Gunawan meninjau pos pengamanan dan pos pelayanan di pintu masuk perbatasan menjelang hari raya lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023, di antaranya di pos pengamanan Atinggola. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023