Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo bersama pihak Asian Mini Football Confederation resmi mengumumkan pembagian grup (drawing) negara negara peserta Asian Mini Football Championship (AMFC) 2023 setelah dilakukan pengundian.

"Undian grup 12 negara peserta AMFC 2023 telah kami lakukan bersama pihak Asian Mini Football Confederation. Hasilnya menempatkan negara negara unggulan Asia Barat di pot 1 yakni Arab Saudi, Irak, Qatar dan Bahrain. Pot 2 ditempati Kazakhstan, Iran, Singapura dan Malaysia. Di pot 3 ada Taiwan, Thailand, Vietnam dan tuan rumah Indonesia," kata Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, di Gorontalo, Sabtu.

Presiden Asian Mini Football Confederation Mohamad Hesam Aldousari diberi kehormatan untuk mengundi pertama tim di pot 1. Hasilnya Bahrain menempati grup A ditemani Kazakhstan dan Vietnam.

"Saya mendapat kesempatan kedua untuk mencabut satu negara unggulan untuk mengisi tim pertama di grup B. Hasilnya Irak menjadi tim unggulan yang akan berhadapan dengan Singapura dan Taiwan di grup yang sama," katanya.

Sejumlah perwakilan federasi mini football Asia yang hadir juga diberi kesempatan untuk melakukan pengundian. Presiden Federasi Mini Football Irak Hatem Abdood Mohaisen, Presiden dan Sekjen Federasi Mini Football Jordania Khalid Abdulrahman Jaffa dan Kelly Jo Gerkins. Ada juga Presiden Federasi Mini Football Taiwan Jhonnie Nielsen dan Amir Sjarifuddin Wong dari Federasi Mini Football Malaysia diberi kesempatan mengundi.
 
Presiden Asian Mini Football Confederation, Mohammad Hesam Aldousari, menyambut baik hasil undian grup. Ia menilai Arab Saudi sebagai negara asalnya tidak gentar bertemu dengan tuan rumah Indonesia di babak grup.
 
Ia yakin partai itu menjadi salah satu yang seru untuk ditonton. "Grup ini grup saudara sebetulnya. Kalau Indonesia menang saya yang lebih dulu memberikan selamat. Kalau Arab Saudi menang Indonesia akan memberi selamat," kata Aldousari dengan berbahasa Arab yang diterjemahkan.
 
Hal senada diungkapkan Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer. Sebagai tuan rumah pelaksanaan gelaran perdana Mini Football Asia, ia optimistis timnas Indonesia bisa mengalahkan Arab Saudi dan Malaysia untuk melaju ke babak delapan besar.
 
"Harusnya kita bisa masuk (delapan besar), minimal jadi runner-up. Optimistis dong, jangan mau kalah sama Arab," katanya Hamka.
 
Presiden Asian Mini Football Confederation Mohamad Hesam Aldousari diberi kehormatan untuk mengundi pertama tim di pot 1, pada AMFC 2023 di Gorontalo, Indonesia. (ANTARA/HO-Diskominfotik)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023