Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo siap menerima pemeriksaan dari tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, terhadap penyelenggaraan pemerintahan pada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

"Selamat datang tim Itjen Kemendagri. Pemprov Gorontalo siap menjalani pemeriksaan. Saya telah instruksikan seluruh OPD dan seluruh pejabat yang bertanggung jawab untuk bersiap dilakukan pemeriksaan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe, di Gorontalo, Senin.

Ia menyebut, pemeriksaan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan. "Demi kelancaran pemeriksaan yang dilaksanakan nanti, saya instruksikan seluruh OPD dan pejabat yang bertanggung jawab terhadap program yang menjadi objek pemeriksaan agar menyiapkan data dan dokumen yang diperlukan oleh tim Itjen," katanya.

Sasaran pengawasan oleh Itjen Kemendagri diantaranya meliputi pendapatan daerah, belanja daerah, barang milik daerah, pengelola BUMD, dan pengelola layanan publik dan akan berlangsung selama sebelas hari, terhitung mulai tanggal 8 hingga 23 Mei 2023.

Auditor Ahli Madya Irjen Kemendagri Nova Cristine Saragih mengatakan, kegiatan itu rutin dilakukan setiap tahun. Namun menurutnya, di tahun ini ada yang sedikit berbeda dari aspek penilaian.

"Tahun ini yang berbeda adalah apa yang menjadi aspek penilaian kami, yakni mengarah kepada hal-hal signifikan yang menjadi permasalahan dan sering terjadi di pemerintahan provinsi," katanya.

Tim Itjen Kemendagri beranggotakan sembilan personel diterima oleh Sekda Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe dan menggelar Entry Meeting di ruang Integritas Inspektorat Provinsi Gorontalo.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023