Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengapresiasi kinerja Bupati Thariq Modanggu dalam menangani persoalan pendidikan di daerah itu.

"Pak Bupati memberikan layanan tercepat di bidang pendidikan. Hal ini sangat diharapkan masyarakat. Sebab persoalan pendidikan perlu penanganan cepat, cermat, tepat dan fokus," kata anggota DPRD Gorontalo Utara Lukum Diko di Gorontalo, Rabu.

Seperti aspirasi tenaga pendidik di SD Negeri 15 Desa Dudepo yang merupakan wilayah kepulauan di Kecamatan Anggrek. Bupati Thariq menerima aspirasi pendidik di SDN 15 tersebut dan langsung cepat menanggapi.

"Ini kinerja yang sangat baik dari seorang kepala daerah," katanya.

Lukum menjelaskan kondisi menuju pulau Desa Dudepo yang cukup memprihatinkan apalagi saat air laut telah surut.

Guru-guru harus berjalan kaki sangat jauh dari dermaga perahu, sehingga mereka sangat memerlukan rumah dinas agar bisa tinggal dan menetap saat menjalankan tugas di pulau itu.

Para guru pun berharap pemerintah daerah dapat menyalurkan lebih banyak buku di perpustakaan sekolah, serta suplai energi listrik memadai mengingat buku dan penerangan listrik sangat diperlukan masyarakat, khususnya pelajar di pulau tersebut.

Aspirasi lain yang disampaikan adalah soal transportasi laut bagi para guru.

"Saya pun sebagai anggota DPRD berharap, pemerintah daerah secepat mungkin merealisasikan aspirasi tersebut. Ahamdulillah, Pak Bupati langsung menyahuti saat berkunjung ke pulau Dudepo," katanya.

Ia berharap, kinerja di bidang pendidikan yang sangat baik ini dapat dipertahankan pemerintah daerah, terutama oleh Bupati Thariq dalam melaksanakan program pendidikan secara adil, merata dan terpenuhi, baik di wilayah terpencil dan kepulauan.

Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Abudi Usman, mengatakan, segera melaksanakan instruksi bupati dalam menyahuti aspirasi tenaga pendidik di Pulau Dudepo.

"Alhamdulillah Pak Bupati turun langsung dan melihat kondisi SDN 15 Anggrek Kepulaun Dudepo. Beliau langsung menyahuti aspirasi dan menginstruksikan kami selaku dinas penanggungjawab untuk segera merealisasikan, mengingat kondisi sekolah dan para guru memerlukan perhatian," kata Irwan.

Program prioritas di bidang pendidikan pada tahun anggaran 2022/2023, seperti penyediaan transportasi darat berupa kendaraan roda dua untuk para kepala sekolah. Sehingga ke depan, akan menyiapkan transportasi laut bagi guru-guru di wilayah kepulauan, termasuk fasilitas lain yang diperlukan.

Untuk memenuhi keperluan buku perpustakaan dan fasilitas lain, pihaknya kata Irwan pula, terus memperbarui (update) anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) setiap tri wulan.

 "Ini dilakukan untuk menjawab setiap keperluan sekolah dengan cepat dalam upaya meningkatkan layanan di bidang pendidikan secara menyeluruh," katanya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023