Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, resmi menerima PDI Perjuangan sebagai partai politik yang menjadi pendaftar pertama bakal calon legislatif (bacaleg) untuk pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024.

"PDIP datang pukul 10.00 WITA, dan menjadi partai politik pertama yang mengajukan bacaleg sejak tahapan ini dibuka pada 1 Mei 2023," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Gorontalo Utara Gandhi Akase M.Tapu, di Gorontalo, Kamis.

Pihaknya telah menerima seluruh berkas fisik dari bacaleg yang diajukan, sebanyak 25 orang dari 6 daerah pemilihan (dapil).

"Pengajuan dokumen digital yang diunggah melalui sistem informasi pencalonan (silon) dan dokumen fisik yang diantar dalam pengajuan tersebut dinyatakan lengkap. Termasuk kuota 30 persen keterwakilan perempuan telah terpenuhi," kata Gandhi.

Ketua DPC PDIP Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau mengatakan sesuai perintah partai, pihaknya datang mendaftarkan bacaleg DPRD kabupaten pada 11 Mei 2023.
 
"Ini serentak dilakukan seluruh Indonesia, dan alhamdulillah seluruhnya berjalan aman, lancar, semua dokumen persyaratan telah dipenuhi," katanya.
 
Pihaknya datang di KPU menggunakan kendaraan becak motor (bentor) yang dinaiki para bacaleg dan para pengurus partai, serta diiringi doa dan iring-iringan adat Gorontalo.
 
"Kami berharap, prosesi ini sebagai tanda restu dari Yang Maha Kuasa serta mendapat dukungan masyarakat seluruhnya. Iring-iringan bentor juga menjadi bentuk dukungan PDIP terhadap sosialisasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, yang turut menyosialisasikan atribut partai yaitu bendera dan nomor urut dalam pemilu 2024," katanya.
 
Pihaknya, kata Deisy, mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh KPU setempat, selanjutnya setelah pengajuan bacaleg tersebut, PDIP segera menggelar konsolidasi partai dengan seluruh pengurus hingga di tingkat dusun, serta melakukan tatap muka bersama konstituen dan simpatisan dalam upaya memenangkan pemilu di daerah itu.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023