Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, mematangkan pelaksanaan Asian Mini Football Champions 2023 yang akan digelar pada Agustus mendatang.

"Ini kompetisi olah raga bertaraf internasional yang pertama kali digelar di Gorontalo. Saya wajib menyukseskan kegiatan ini," kata Gubernur Ismail, di Gorontalo, Senin.

Ia menggelar rapat koordinasi dengan panitia dan seluruh pemangku kepentingan di daerah. Beberapa hal yang menjadi arahannya yakni menyangkut keamanan peserta dan keamanan penyelenggaraan sepanjang acara.

Tamu tamu dari negara Asia diminta untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama berada di Gorontalo. "Saya tidak mau ada "Kanjuruhan Kedua" di Gorontalo. Ada hal yang mungkin tidak bisa kita antisipasi kita belajar dari berbagai penyelenggaraan kompetisi internasional dan lain lain. Tolong dipersiapkan dengan baik. Kami sangat berharap pengamanan dari Polda, Polres dan mungkin juga melibatkan TNI," katanya.

Ia memimpin rapat persiapan AMFC 2023 yang berlangsung di Aula Rudis Gubernur. Hal lain yang menjadi penekanannya menyangkut kesiapan sarana dan prasarana. Sebagai daerah yang baru pertama kali menggelar kompetisi olah raga bertaraf internasional, kesiapan sarana dan prasarana mutlak diperlukan.

Kondisi stadion dan hotel perlu mendapat atensi serius dari semua pihak. "Karena jika ada insiden terkait tim dari luar negeri, itu tidak saja dibicarakan di Gorontalo, tidak saja di Nasional tapi menjadi citra Indonesia di mata dunia karena ini menghadirkan peserta dari 14 negara," katanya pula.

Terkait transportasi peserta juga diminta untuk dikoordinasikan dengan baik. Tim dari luar negeri diminta diberi informasi jika harus transit di Jakarta dan atau daerah lain. Termasuk transportasi dari bandara ke hotel.

Pelaksanaan AMFC 2023 menjadi perbincangan warga sebelum pergantian Penjabat Gubernur. Kompetisi dunia yang digagas oleh Hamka Hendra Noer untuk digelar di Gorontalo ini, dikhawatirkan tidak akan berlanjut jika berganti kepemimpinan. Kekhawatiran itu dijawab tegas oleh Ismail Pakaya dengan dukungan untuk kelanjutan acara.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023