Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendukung penuh program penguatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu.

"Semakin banyak UMKM, artinya sektor riil di daerah ini semakin bertumbuh. Kami (DPRD) memberi dukungan, bahkan ikut mempromosikan usaha yang digeluti masyarakat," kata Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik, di Gorontalo, Rabu.

Ia pun berharap, pemerintah daerah khususnya para aparatur sipil negara (ASN) untuk berbelanja di daerah. "Mulai banyak usaha seperti coffee shop yang buka di daerah ini. Kita tidak perlu jauh jauh nongkrong untuk minum kopi di Kota Gorontalo. Karena ternyata usaha tersebut juga banyak yang tak kalah hebat menyajikan kopi khas dan enak seperti yang ada di daerah lain. Bahkan di sini, telah banyak usaha yang menyajikan  beragam pilihan kopi ditangani pembuat kopi yang handal," kata Hamzah.

Dukungan pemerintah daerah harus terus mengalir dan mendorong tumbuh dan berkembang UMKM di daerah. "Kalau perlu, kegiatan sejenis sosialisasi digelar di rumah kopi. Pasti lebih menarik dan sebagai bentuk dukungan langsung bagi pelaku UMKM," katanya.

Ia juga berharap, pelaku usaha mendapat pendampingan dan pembinaan dari pemerintah daerah untuk memperkuat program pemberdayaan UMKM.

"DPRD pasti mendukung penuh seluruh kegiatan yang berorientasi pada program pemberdayaan UMKM sebab memiliki dampak ekonomi yang luas. Sehingga pemerintah daerah perlu memperkuat kapasitas dan kemampuan ekonomi UMKM agar usahanya terus tumbuh dan bertahan lama," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023