Harga komoditas tomat dan bawang merah di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengalami kenaikan jelang hari raya Idul Adha.

"Hari ini harga tomat dan bawang merah sudah naik. Tomat naik dari Rp14 ribu per kilo gram menjadi Rp18 ribu per kilo gram," kata pedagang di pasar Andalas, Kota Gorontalo, Femi Karim, Sabtu. 

Ia mengatakan, harga bawang merah juga naik, dari Rp35 ribu per kilo gram, menjadi Rp40 ribu per kilo gram.

"Kalau harga komoditas naik, kami pedagang otomatis menyesuaikan antara harga pengambilan dan penjualan. Biasanya dipasok dari agen atau langsung beli di petani," katanya.

Ia memperkirakan harga dua komoditas itu masih akan berubah pada pekan depan. "Mungkin saja naik signifikan atau turun harga. Kita lihat nanti. Tapi biasanya, di setiap hari besar keagamaan, permintaan akan meningkat. Nah, kemungkinan harga naik lagi," katanya pula.

Pedagang lainnya, di Pasar Talaga, Kabupaten Gorontalo, Amin Yusuf, mengatakan, tiga jenis rempah rempah mengalami kenaikan beberapa hari terakhir. Seperti cabai rawit naik dari kisaran Rp30 ribu menjadi Rp45 ribu per kilo gram.

Harga tomat dan bawang merah juga naik. "Biasanya kalau harga naik, lebih sering didominasi karena pasokan dari petani berkurang. Apalagi permintaan rempah rempah mulai mengalami kenaikan jelang Idul Adha," katanya.***

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023