Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Lukum Diko mengatakan bantuan bibit kelapa pada para kelompok tani merangsang petani untuk intensif menanam kelapa.

"Saya sangat mendukung program penyaluran bantuan bibit kelapa. Termasuk mendorong gerakan penanaman jutaan bibit pohon kelapa di daerah ini," katanya di Gorontalo, Selasa.

Lukum turut mendampingi penyaluran bantuan bibit pohon kelapa kepada para kelompok tani penerima di daerah itu.

Menurutnya, kelapa menjadi komoditi unggulan dan sangat tinggi permintaannya di pasar global. Apalagi kelapa menjadi salah satu produk yang punya nilai ekonomis tinggi dari akar hingga sabut.

"Untuk tetap berproduksi, petani perlu terus didorong," katanya. Apalagi komoditi unggulan ini punya pasar makro di Nusantara dan dunia.

Ia menilai penyaluran bantuan bibit kelapa menjadi salah satu upaya melestarikan tanaman kelapa, khususnya jenis Kelapa Dalam yang permintaan pasarnya tidak pernah sepi.

Ia pun berharap, penyaluran bantuan bibit dapat sinergi dengan alih teknologi pengolahan kelapa agar petani dapat berinovasi menciptakan produk dengan nilai jual tinggi di pasaran.

"Saya berharap Gorontalo Utara dapat menjadi penyuplai komoditi kelapa maupun produk pangan berbahan dasar kelapa yang dapat meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat," kata Lukum.

Ia mengaku akan terus memperjuangkan program penyaluran bibit pohon kelapa ke pemerintah daerah, provinsi, hingga pusat.

Ia berharap para kelompok tani ataupun petani intensif menerima bantuan bibit kelapa setiap tahun dari pemerintah.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023