Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo menggelar bakti sosial pencegahan stunting di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

"Kegiatan ini menghadirkan 300 ibu hamil dan 150 anak stunting dari berbagai daerah di Gorontalo," ucap Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo Heni Susila Wardoyo.

Ia menjelaskan, melalui bakti sosial itu pihaknya memberikan penyuluhan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya ibu hamil dan anak stunting.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting khususnya di wilayah provinsi Gorontalo," ujar Heni.

Jenis kegiatan yang dilakukan dalam bakti sosial tersebut yaitu pemeriksaan kesehatan untuk ibu hamil dan pemeriksaan kesehatan untuk anak stunting.

"Kita menghadirkan dokter, tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, serta dokter dan tenaga medis dari Lapas kelas IIA Gorontalo.

"Peserta pada kegiatan ini adalah ibu hamil dan anak stunting dari tiga wilayah di Provinsi Gorontalo yaitu kota Gorontalo Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango," kata dia, lagi.

Kegiatan itu juga kata Kakanwil, dilakukan dalam rangka memeriahkan hari lahir Kementerian Hukum dan HAM yang dilaksanakan melalui rangkaian acara salah satunya adalah bakti sosial pencegahan stunting.

"Hal ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung program nasional pemerintah dalam penurunan angka stunting," ia menambahkan.

Bakti sosial tersebut dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo, Pemerintah Kota Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Bank Rakyat Indonesia, Bank SulutGo dan instansi lainnya.
Petugas kesehatan mengukur lingkar kepala balita pada bakti sosial pengentasan stunting di kantor wilayah Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (29/7/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023