Sebanyak 36 pereli yang mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) melalui South Borneo Rally Sprint II 2023 di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, bakal menjejal medan khas jalan angkutan batubara.

Ketua Badan Pengawas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jeffry JP mengatakan jalur yang mendominasi adalah lintasan jalan angkutan batubara (hauling) dari Kabupaten Tapin hingga Kabupaten Banjar.

"Saya lihat ada sawit juga yang dilewati," ujar Jefrry di Rantau, Kabupaten Tapin, Jumat.

Jalur di Kalimantan Selatan ini, kata Jeffry sudah memenuhi syarat untuk penyelenggaraan Kejurnas Rally 2023.

Selain cuaca panas, lika-liku lintasan di Kalimantan Selatan ini, ungkapnya, berbeda dengan karakteristik jalur di daerah lain.

"Karakter jalur di Indonesia berbeda-beda lah ya, tidak bisa disamakan. Misalnya, seperti di Sumatra Utara yang gravel (berkerikil) karena perkebunan akasia," ucap Jefrry.

Karakter jalan khas angkutan batubara yang menantang ini pastinya bakal memberikan kesan bagi para pembalap yang bertanding pada 4-6 Agustus 2023.

Saat ini seluruh agenda dan teknis pelaksanaan dipastikan sudah dipersiapkan panitia dengan baik termasuk sosialisasi kepada masyarakat yang berada di sepanjang pinggir lintasan.

"Sudah bisa dilaksanakan, iya, show must go on lah," tutur Jeffry.

Ketua Panitia Penyelenggara South Borneo Rally 2023 Muhammad Prayudha menuturkan tidak ada kendala untuk persiapan pelaksanaan pertandingan rally tersebut.

"Untuk menyukseskan South Borneo Rally Sprint II ini ada 1.865 personel yang terlibat," kata Prayudha.

Prayudha menuturkan masyarakat bisa menyaksikan pembukaan South Rally Borneo 2023 dengan agenda acara Super Special Stage (SSS) di Kawasan Rantau Baru, tepatnya depan Kantor Bupati Tapin pada Jumat.

Kemudian pada Sabtu, para pereli akan menjalani tujuh Special Stage (SS) dengan total jarak tempuh 201,51 km. Lalu, dilanjutkan pada Minggu dengan lima Special Stage (SS) total jarak tempuh 74,13 km hingga ceremonial finish dan pembagian hadiah bagi para juara di Sirkuit Balipat Binuang.

Diketahui Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dan Walikota Pagar Alam Sumatera Selatan Alpian Maskoni terdaftar mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally Sprint II di Kalimantan Selatan tersebut.

Mendampingi Musa atau Ijeck menggunakan mobil Skoda type Fabia Evo yakni Hervian Soejono sebagai Co-Driver. Sedangkan Co-Driver untuk Alpian atau Piuk diisi Deni Ugun mengemudikan mobil Mitsubishi type GTi.

Pewarta: Imam Hanafi/fauzi

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023