Universitas Bina Mandiri (UBM) menggandeng Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo dalam sosialisasi keamanan data dan informasi di era digital.

Sosialisasi tersebut dilakukan dalam kegiatan Kuliah Kerja Mandiri (KKM) mahasiswa Universitas Bina Mandiri di pendopo UBM, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik Diskominfotik Provinsi Gorontalo Zakiya Baserewan menjelaskan, era digital yang sekarang menembus seluruh aspek hidup manusia selalu membutuhkan kewaspadaan khususnya dalam menghadapi ancaman-ancaman di era digital.

"Pentingnya keamanan data dan informasi di era digital terkait beberapa hal terutama dalam melindungi privasi atau data pribadi, serta mencegah adanya pencurian melalui transaksi online," ucap Zakiya.

Ia menyebutkan modus phishing yang sekarang banyak meresahkan masyarakat adalah melalui aplikasi whatsapp (WA) seperti pengiriman pesan undangan pernikahan, kurir paket palsu, link hadiah dan masih banyak lagi yang semuanya palsu dan merugikan si penerima pesan.

"Kita harus lebih sadar untuk selalu berhati-hati saat menerima pesan melalui berbagai aplikasi khususnya WA, jangan langsung percaya dengan pesan-pesan yang dikirim tanpa informasi yang jelas sebelumnya," imbau Zakiya.

Ia memberikan beberapa cara kepada mahasiswa tentang cara menjaga data dan informasi agar tidak mudah untuk dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Di tempat yang sama, dosen pembimbing lapangan KKM Universitas Bina Mandiri Maman Musa mengatakan, dipilihnya tema tentang keamanan data dan informasi di era digital dalam program KKM ini karena hampir semua kegiatan sudah memanfaatkan digital.

"Tema ini kami rasa tepat diberikan kepada mahasiswa KKM terlebih sekarang dunia pendidikan juga dimana-mana telah memanfaatkan digitalisasi dalam berkegiatan," ungkap Maman Musa.

Maman menjelaskan di era digital ini pihak kampus lebih memandirikan mahasiswa dan mengarah ke wirausaha.

"Sekarang mahasiswa kami sudah ada yang jual produknya melalui media sosial, kami juga punya laboratorium bisnis yang bisa dimanfaatkan mahasiswa," ujar dia.

Kegiatan KKM akan berlangsung hingga akhir Agustus dengan tiga lokasi posko yaitu di kampus Universitas Bina Mandiri, Parigi Moutong Sulawesi Tengah, serta di tiga desa di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UBM-Dinas Kominfotik sosialisasi keamanan data dan informasi

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023