Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo menggelar gerak jalan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia (RI).

"Alhamdulillah kegiatan hari ini sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengandung beberapa nilai," kata Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan gerak jalan tersebut diharapkan membangkitkan semangat patriotisme masyarakat di daerah ini.

"Saya yakin nilai patriotisme dimiliki bapak ibu dan adik-adik sekalian termasuk para guru dan orang tua. Mengingat tetap bersemangat mengikuti gerak jalan meski cuaca sangat panas. Bahkan para ibu rela latihan dalam waktu lama, menyisih skincare untuk perawatan," kata Bupati Thariq.

Gerak jalan tersebut adalah bagian dari nilai patriotisme yang dimiliki oleh semua.

Thariq menambahkan nilai kebersamaan, juga tampak dalam pelaksanaan kegiatan tersebut karena untuk membentuk satu regu atau satu tim gerak jalan tentu memerlukan kerja sama dan siap berlomba dapat terwujud.

Semangat rela berkorban pun dimiliki. Sebab tidak sedikit waktu yang dikorbankan, termasuk tenaga, bahkan mungkin pendanaan di dalam kegiatan yang diikuti.

Thariq pun meyakinkan ada nilai kreasi yang dikembangkan dalam kegiatan tersebut.

"Kita lihat warna warni, beragam bentuk, variasi yang ditampilkan bahkan mungkin juga di dalam konfigurasi atau di dalam formasi gerak jalan tentu akan menghadirkan beragam kreasi. Alhamdulillah Gorontalo Utara dapat terus berkreasi sebagaimana tema yang kami canangkan yaitu berkreasi di dalam keterbatasan," katanya pula.

Mulai dari pencanangan yang begitu luar biasa, dan peringatan pramuka di setiap kecamatan dan tingkat kabupaten, dilanjutkan dengan lomba gerak jalan menunjukkan bahwa seluruh masyarakat betul-betul memaknai giat Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita memaknai kreasi di dalam keterbatasan untuk terus mengisi kemerdekaan ini," katanya.

Ia berharap ada nilai sportivitas di dalam lomba tersebut, ada nilai kejujuran terutama para juri yang akan menilai lomba tersebut.

Bupati atas nama pemerintah daerah menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI/Polri, para guru, dan juga seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk kegiatan ini.
Baik itu satuan-satuan organisasi kepemudaan, organisasi wanita, dan seluruh organ-organ yang ada dalam masyarakat turut berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba gerak jalan tingkat Kabupaten Gorontalo Utara ini.

"Alhamdulillah, semoga kegiatan ini terus meningkatkan semangat pengabdian kita untuk terus semangat mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia," imbuhnya.
Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu di tengah pelaksanaan lomba gerak jalan memperingati HUT RI ke 78 tingkat kabupaten. ANTARA/Susanti Sako

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023