Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo menggelar karnaval dalam memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) di daerah itu.

"Saya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat aktif menyelenggarakan karnaval ini. Paling utama kepada seluruh peserta karnaval baik dari satuan pendidikan TK, SD, SMP, dan SMA, bahkan perguruan tinggi. Organisasi perangkat daerah, organisasi kepemudaan, instansi vertikal, perbankan dan masyarakat umum," kata Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu di Gorontalo, Rabu.

Menurutnya, karnaval merupakan ekspresi kegembiraan masyarakat di kabupaten satu satunya di wilayah utara Provinsi Gorontalo ini, dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI.

"Kita sering menggelar karnaval pada peringatan HUT RI setiap tahun. Namun tahun ini cukup berbeda sebab di tengah keterbatasan namun kita bisa berkreasi memeriahkan Hari Kemerdekaan, termasuk menggelar karnaval ini," kata dia.

Kerja sama yang terjalin optimal antara panitia dan seluruh peserta karnaval, katanya, membuktikan bahwa seluruh masyarakat mencintai bangsanya sehingga tetap bergembira merayakan HUT RI dalam keterbatasan.

Tentu, kata Thariq, karnaval memberi dampak positif terhadap perekonomian, sosial budaya dan kekeluargaan, silaturahim, serta persaudaraan antarwarga di daerah ini.

Ia mengatakan karnaval menjadi sarana informasi, hiburan, dan unjuk keberhasilan dengan melihat perkembangan yang telah dicapai masing masing instansi.

"Saya berharap kegembiraan yang kita tunjukkan benar-benar menjadi spirit yang kuat dalam memeriahkan HUT RI tahun ini. Kita terus melaju untuk Indonesia maju," katanya.

Karnaval kendaraan hias diikuti motor, becak motor (bentor), kendaraan bak terbuka dan jenis lainnya, berlangsung di pusat ibu kota kabupaten tersebut, dilepas langsung Bupati Thariq Modanggu dan antara lain dihadiri forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) setempat.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023