Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk mengoptimalkan digitalisasi layanan publik.

"Transformasi data pelayanan publik ke digital dipastikan meningkatkan kualitas pelayanan, terlebih dalam mengatasi permasalahan data ganda masyarakat," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara Deisy Sandra Maryana Datau di Gorontalo, Minggu.  

Ia mengaku optimistis melalui sistem digitalisasi data, pasti memudahkan setiap masyarakat mendapatkan layanan pemerintah dari semua hal. Baik di sektor percepatan layanan data kependudukan, kesehatan, pendidikan dan lain lain.

Digitalisasi layanan publik pun pasti mempercepat layanan, tidak terjadi simpang siur data dan masih banyak lagi yang akan lebih memudahkan layanan publik mengingat integrasi data telah terwujud dengan rapih dan cepat akses.  

Ia berharap pemerintah daerah memberikan perhatian terfokus kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai poros data. Disamping instansi teknis terkait yang akan mendukung digitalisasi layanan publik.

Deisy berharap agar pemerintah daerah pun terus memperkuat infrastruktur pendukung untuk merealisasikan program tersebut.

"Alokasikan anggaran secara tepat dan bersesuaian. Menyiapkan sumber daya aparatur dengan kompetensi yang baik, serta perangkat lain yang diperlukan dalam merealisasikan layanan berkualitas," katanya.  

DPRD pasti mendukung optimalisasi digital layanan publik dari sisi anggaran.

"Kita kawal penganggaran nya untuk mempercepat layanan digital baik di tingkat kabupaten yang terintegrasi dengan seluruh perangkat daerah hingga layanan di tingkat kecamatan dan desa," katanya pula.

Ia berharap secara bertahap namun pasti, seluruh layanan publik di daerah ini telah dapat optimal memanfaatkan sistem digital.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023