Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango Provinsi Gorontalo meraih penghargaan penerapan tanda tangan elektronik dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou melalui keterangan tertulis diterma di Bone Bolango, Rabu, mengatakan penganugerahan penghargaan tersebut digelar di The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Kabupaten Bone Bolango dinilai berhasil menerapkan tanda tangan elektronik melalui aplikasi Sistem Informasi Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Dengan indikator jumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang menggunakan, jumlah surat masuk dan keluar dan jumlah disposisi.

Penghargaan itu sebagai wujud apresiasi dan penghargaan dari ANRI kepada Bupati Bone Bolango dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yang telah memberikan dukungan penuh dan pengaruh yang besar terhadap penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, khususnya aplikasi SBPE bidang kearsipan Srikandi.

"Alhamdulillah, kabupaten terbaik untuk penerapan tanda tangan elektronik lewat aplikasi Srikandi dari Arsip Nasional Republik Indonesia," ucap Hamim Pou.

Ia menjelaskan, dengan tanda tangan elektronik, maka tanda tangan bisa dari mana saja, kapan saja, mengurangi penggunaan kertas dan pena, dan lebih cepat tanpa kenal hari libur.

Hamim berharap pada tahun 2024 nanti, seluruh kepada desa di Kabupaten Bone Bolango turut menerapkan tanda tangan elektronik.

Sejak tahun 2021, Pemkab Bone Bolango mulai merencanakan penerapan tanda tangan elektronik di seluruh organisasi perangkat daerah untuk mendukung percepatan layanan publik di daerah itu.

Sesuai instruksi dari Bupati Bone Bolango kepada semua OPD, bahwa seluruh layanan-layanan publik di Kabupaten Bone Bolango harus bersistem elektronik.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023