Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo berharap Ikatan Keluarga Pesantren Hubulo (IKPH) yang terletak di Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, dapat berkontribusi dalam membangun daerah, salah satunya upaya pengentasan angka kemiskinan yang masih cukup.
"Pemprov berharap pengurus IKPH yang baru saja dilantik periode 2023 hingga 2027, dapat berperan dan bersinergi dalam mengendalikan beberapa permasalahan di Gorontalo, salah satunya melalui upaya pengentasan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi," kata Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yosef Koton di Gorontalo, Senin.

Yosef Koton menghadiri Reuni Akbar yang dirangkaikan dengan Milad ke-36 Pesantren Hubulo lebih lanjut mengatakan meski angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo telah berhasil diturunkan 51 persen dalam 23 tahun terakhir, namun faktanya angka kemiskinan daerah ini masih cukup tinggi, yakni 15,38 persen.

Provinsi Gorontalo bahkan masih menempati peringkat ke lima angka kemiskinan tertinggi tingkat Provinsi se Indonesia. "Nah, kami harapkan IKPH turut berperan dalam menurunkan angka kemiskinan ini," kata Yosef.

Permintaan tersebut diselaraskan oleh Staf Ahli Gubernur itu dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022, tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem yang harus mendekati angka nol di 2024 mendatang.

Ia berharap IKPH dapat memberikan perannya dalam membantu pemerintah menangani hal tersebut.

Selanjutnya, berkenaan dengan kasus tindak kekerasan pada perempuan dan anak, turut menjadi perhatian mantan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan itu.

Yosef mengatakan kasus kekerasan ini pun cukup tinggi di Provinsi Gorontalo.

IKPH yang dinilai merupakan lulusan dengan profil agama yang bagus, diminta dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat.

"Tingkat kekerasan perempuan dan anak masih cukup tinggi di Gorontalo. Ada kurang lebih 2.300 kasus. Ini juga diharapkan IKPH bisa berperan dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat, karena saya lihat IKPH merupakan lulusan agama yang cukup bagus,” katanya pula.

Pemprov Gorontalo terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk peduli pada orang-orang di sekitarnya. Gorontalo yang memiliki sistem kekerabatan atau biasa disebut “Ngala’a”, IKPH juga diminta dapat berkontribusi menjadi teman masyarakat.

"Kalau di Gorontalo ada kearifan lokal namanya “Ngala’a”. Ngala’a ini sudah semakin berkurang perannya. Oleh karena itu, IKPH diharapkan bisa berperan di sini, sehingga permasalahan keluarga, ekonomi, putus cinta, ini bisa diungkapkan oleh masyarakat dan mengurangi angka bunuh diri," kata Yosef.

Pengurus IKPH periode 2023 hingga 2027 yang dilantik dipimpin oleh Hadi Sutrisno Daud dan Sekjen Afif Pratama Putra. Sementara untuk Ketua Harian dijabat oleh Iskandar Yasin dan Bendahara Dinda Daun. Ketua Majelis Syuro dipercayakan kepada Ansar Mobilingo tinggi.
Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yosef Koton saat mewakili Penjagub Gorontalo pada Reuni Akbar yang dirangkaikan dengan Milad ke- 36 Pesantren Hubulo di Kabupaten Bone Bolango. (ANTARA/HO-Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023