Kapolsek Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo Ipda Feron Baiku mengimbau warga khususnya nelayan di wilayah pesisir untuk mewaspadai cuaca buruk yang potensial terjadi.

"Kalau melaut agar lebih memperhatikan kondisi cuaca sebab keselamatan harus menjadi prioritas. Kalau cuaca bagus, silahkan melaut. Namun sebelum itu harus mengecek kondisi perahu atau kapal dan perlengkapan lainnya, terutama alat komunikasi," kata Kapolsek di Gorontalo, Senin.

Ia juga mengimbau para nelayan untuk menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol saat akan melaut.

Dampaknya akan buruk terhadap nelayan itu sendiri kalau beraktivitas dalam pengaruh alkohol. "Saya berharap kita semua bisa mencegah dan memutus rantai peredaran minuman beralkohol dengan tidak menjadi konsumen," katanya.

Personel Kepolisian yang ditugaskan di wilayah pesisir tersebut juga gencar mengimbau warga di desa binaan khususnya para nelayan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk.

Bhabinkamtibmas Desa Olele Bripka Luki Musa mengatakan dalam beberapa bulan terakhir, cuaca buruk seperti gelombang tinggi dan angin kencang sering terjadi di wilayah perairan Bone Bolango.

"Kondisi ini berpotensi mengancam keselamatan para nelayan yang akan melaut," katanya.

Pihaknya kata Bripka Luki, setiap hari secara rutin mendatangi komunitas nelayan untuk mengingatkan mereka agar tidak melaut jika cuaca buruk sedang berlangsung.

Mengingat di beberapa wilayah pernah terjadi insiden perahu terbalik hingga nelayan hanyut karena memaksa melaut saat cuaca sedang tidak bersahabat.

"Kita berupaya menghindari kecelakaan saat melaut sebab keluarga menanti di rumah. Kami terus menyampaikan imbauan ini kepada para nelayan," katanya.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023