Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mempromosikan potensi investasi daerah itu ke pihak Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Menurutnya, peluang investasi di berbagai sektor tersebar di seluruh kabupaten dan kota di daerah itu sangat terbuka luas. Apalagi untuk menekan angka kemiskinan yang mencapai 15 persen dan masih di peringkat ke lima tertinggi di Indonesia, daerah itu sangat memerlukan program investasi.

"Melalui Kadin, pengusaha lokal dan dari luar, kami ajak menanam modal di Gorontalo sebab investasi akan membuka lapangan kerja, pendapatan ekonomi masyarakat akan naik dan kemiskinan hilang. Saya berharap kehadiran pihak Kadin di Gorontalo baik dari kepengurusan pusat hingga wilayah Sulawesi dapat mengajak investor untuk menanamkan modal di sini," katanya di Gorontalo, Kamis.

Terkait persoalan Pohuwato, telah dapat diatasi. "Kondisi di sana aman dan terkendali. Ada pemberitaan di media.sosial bahwa Pohuwato mencekam, itu tidak benar," katanya.

Gorontalo merupakan salah satu daerah aman dengan stabilitas yang senantiasa terjaga untuk berinvestasi di sektor apa saja.

"Di Gorontalo ada emas, tembaga, juga batu hitam. Kita juga punya kekayaan laut, di antaranya yang ada di Teluk Tomini. Potensi perikanannya sangat besar. Melalui investasi, peluang menyentuh para nelayan tradisional pun sangat diharapkan. Apalagi pengelolaan Teluk Tomini bisa dikerjasamakan dengan Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah," katanya.

Di sektor pertanian, Gorontalo kaya dengan potensi jagung. "Dimana-mana kalau menyebut jagung, orang pasti ingat Gorontalo. Kita sudah identik dengan jagung. Sehingga peluang investasi ditambah potensi lahan yang masih sangat luas untuk dikelola dengan potensi pasar yang sangat luas, tentu akan menguntungkan investor," katanya pula.

Saat ini kata dia, Pemerintah Provinsi Gorontalo sementara merancang program lumbung pangan yang akan ditetapkan untuk skala daerah. Jika investasi masuk, tentu akan mempercepat pembangunan infrastruktur yang diperlukan.

"Peluang investasi Gorontalo didukung sumber kekayaan alam yang dimiliki, kesiapan tenaga kerja dan kemudahan pelayanan perizinan satu pintu, akan menjadi surga bagi program investasi di daerah ini," kata Penjabat Gubernur tersebut.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023