Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, meraih penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) kabupaten terbaik I wilayah Sulawesi.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Kamis, mengatakan penghargaan itu diserahkan pada rapat koordinasi nasional percepatan dan perluasan digitalisasi daerah di Jakarta pada Selasa (3/10).

"Ya Allah Bone Bolango juara lagi. Alhamdulillah terbaik se-Sulawesi untuk elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dan perluasan dan percepatan digitalisasi daerah 2023," ucap Hamim.

Ia menjelaskan, selain piala tentu akan ada dana insentif untuk Kabupaten Bone Bolango pada 2024.

Hamim Pou juga mengungkapkan pada Rakornas P2DD 2023 itu, video penerapan digitalisasi di Bone Bolango menjadi salah satu percontohan nasional yang ditayangkan.

Rakornas itu dibuka secara virtual Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’Aruf Amin dan dihadiri langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Berbagai program yang mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi daerah sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam beberapa tahun terakhir.

Pada awal 2023, diluncurkan kartu e-Bonebol untuk memudahkan transaksi digital masyarakat yang digunakan dalam pembayaran pajak daerah, retribusi daerah, termasuk retribusi wisata serta transaksi belanja di toko, mal, dan ritel modern.

Selain itu, Pemkab Bone Bolango telah melakukan sosialisasi pemanfaatan Aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis digital.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023