BKKBN Gorontalo bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mencanangkan Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menjadi Kampung Keluarga Berkualitas.

Plh Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo Joko Wiyanto di Bone Bolango, Jumat mengatakan untuk orientasi individu pada Kampung Keluarga Berkualitas yaitu kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan sejahtera.

"Untuk keluarga orientasinya adalah keluarga yang tentram, mandiri dan bahagia sesuai indeks pembangunan keluarga yang telah ditetapkan tiga komponen," ucap Joko.

Ketentraman di dalamnya termasuk harapannya status keluarga jelas, ada statusnya, ada kartu keluarga, buku nikah, tidak ada keluarga yang status pernikahannya di bawah tangan.

"Ketika kemudian bergeser menjadi kualitas, maka Kampung Keluarga Berkualitas tidak lagi berangkat dari daerah yang terisolir, termarjinalkan," ujar dia.

Dalam Inpres nomor 3 tahun 2022 kata Joko, semua desa atau kelurahan diharapkan menuju menjadi Kampung Keluarga Berkualitas.

Ia menjelaskan, pada Kampung Keluarga Berkualitas itu dalam petunjuk pelaksanaan ada klasifikasi kampung keluarga yang masih dasar, berkembang, mandiri dan berkelanjutan.

"Sehingga diharapkan strata Kampung Keluarga Berkualitas mencapai pada strata yang tertinggi yaitu berkelanjutan," harap Joko.

Plh Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo mengungkapkan, pada Inpres nomor 3 tahun 2022 terdapat empat hal yang harus dilakukan, yang pertama data keluarga dan dokumen kependudukan harus jelas di semua Kampung Keluarga Berkualitas.

Yang kedua perubahan perilaku di dalam keluarga karena peran keluarga sebagai tempat untuk membesarkan dan membangun karakter sumber daya manusia sangat penting.

Ketiga, peningkatan cakupan layanan dan rujukan keluarga. Dalam hal ini penekanannya adalah layanan pendidikan dan layanan kesehatan keluarga.

Untuk hal yang keempat yaitu penataan lingkungan, yaitu penataan rumah layak huni, sanitasi air bersih dan jamban.


Peluncuran Kampung Keluarga Berkualitas dilakukan oleh Plt Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli dan turut dihadiri oleh pihak kecamatan, desa, Polri dan instansi terkait lainnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023