Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya meminta desain kantor yang ramah bagi para disabilitas untuk memberi kenyamanan dan hak yang sama bagi mereka saat berada di lingkungan kerja.

"Peringatan Hari Disabilitas Internasional pada Ahad (3/12), diharapkan menjadi momentum atas komitmen kita untuk memberi ruang yang sama bagi para penyandang disabilitas saat berada di lingkungan kerja yang sama," kata Gubernur Ismail di Gorontalo, Senin.

Ia menyatakan meski desain kantor Gubernur Gorontalo belum ramah disabilitas. Namun, pemerintah daerah akan melakukan upaya pembenahan seperti menyiapkan tangga, jalan dan parkiran khusus agar kantor ini juga kantor lainnya dapat didesain menjadi ramah disabilitas.

"Saya mendorong semua kantor di Provinsi Gorontalo untuk menyiapkan itu," katanya.

Ia berharap seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat menyiapkan fasilitas ramah disabilitas di kantornya masing-masing.

Seperti halnya satu tangga yang bisa diakses oleh pengguna kursi roda, parkiran kendaraan, dan toilet khusus.

"Provinsi Gorontalo sudah berusia 23 tahun, kita tingkatkan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh saudara-saudara kita yang menyandang disabilitas. Mari bersama kita jadikan Gorontalo sebagai daerah yang ramah dan inklusif bagi semua," kata Penjabat Gubernur tersebut.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023