Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo meraih penghargaan dalam Anugerah Meritokrasi ASN Nasional dengan kategori baik dalam penilaian sistem Merit.

Melalui rilis yang di terima ANTARA, Jumat, penghargaan diserahkan oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto dan diterima Plt Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli di  Yogyakarta pada Kamis (7/12).

Sistem Merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Kepala BKPSDM Bone Bolango Friske Aryanti Usman mengatakan, Anugerah Meritokrasi ASN Nasional digelar dalam rangka mengapresiasi instansi pemerintah yang berhasil menerapkan sistem Merit dengan baik dan sangat baik.

"Untuk penilaian tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango nilainya mengalami peningkatan dibandingkan tahun kemarin dari nilai cukup menjadi baik," kata Friske.

Ia menjelaskan, ada delapan aspek penilaian dalam meritokrasi. Aspek manajemen ASN tersebut yaitu perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

Menurut dia, ada beberapa indikator yang menjadi fokus penilaian pada sistem Merit. Indikator penilaian tersebut meliputi ketepatan penempatan karir, kriteria reward and punishment, prinsip asas keadilan dan sejumlah indikator lainnya.

Serta kedisiplinan, ketertiban, dan inovasi dalam pelayanan selalu ditanamkan kepada ASN di Kabupaten Bone Bolango. Hal tersebut juga menjadi wujud komitmen pemerintah daerah dalam melayani masyarakat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023