Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya didampingi Ketua Dekranasda Fima Agustina, meninjau keberadaan pulau-pulau di Kabupaten Gorontalo Utara di wilayah pesisir bagian Utara Provinsi Gorontalo, Minggu.

Gubernur bersama rombongan menumpangi KM Ganda Nusantara 5 bertolak dari Pelabuhan Kwandang menuju wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Selanjutnya penjabat gubernur tersebut mengunjungi destinasi wisata Pulau Saronde, kemudian ke lokasi wisata Oile Beach and Resort di Desa Mutiara Laut Kecamatan Tomilito.

Gubernur Ismail mengungkap beberapa catatan penting pada kunjungannya tersebut.

Pertama, menyangkut transportasi yang menghubungkan satu pulau ke pulau lain yang belum memadai.

Ia menilai fasilitas dermaga yang tersedia di destinasi wisata kepulauan belum representatif alias ramah bagi wisatawan sehingga memerlukan peningkatan infrastruktur atau sarana prasarana memadai.

"Transportasi yang digunakan seperti kapal motor masih terlalu besar sehingga cukup menyulitkan pengunjung. Ditambah lagi belum tersedia dermaga yang mumpuni untuk para wisatawan sehingga ini masih perlu untuk dibenahi agar destinasi wisata yang memiliki potensi besar ini, dapat lebih memikat," kata Penjabat Gubernur tersebut.

Kedua, terkait banyaknya aduan tentang aktivitas pemboman ikan di wilayah kepulauan tersebut.

Ini memerlukan perhatian serius kata dia, sebab ekosistem laut akan rusak, kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan dapat terdampak karena menurunnya penghasilan baik produksi perikanan tangkap maupun ekonomi keluarga.

"Saya mengimbau agar masyarakat turut mengawasi. Jangan biarkan ekosistem laut rusak karena aksi pemboman ikan yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Apalagi aksi tersebut sangat membahayakan dan mengancam keselamatan," katanya.

Gubernur Ismail juga mengajak pemerintah kabupaten untuk bekerja sama dengan pemerintah provinsi dalam membangun pulau-pulau lain untuk dikelola menjadi lokasi objek wisata.

"Di samping mengajak pihak swasta untuk berinvestasi di daerah ini, kita pun perlu memikirkan pengelolaan potensi wisata bahari yang dimiliki," katanya.

Kunjungan tersebut didampingi Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, Kadis Kumperindag, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Biro Umum. Juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara, serta sejumlah pejabat daerah lainnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023