Pemerintah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo siap menggelar peringatan Hari Anak Yatim (HAY), Hari Patriotik 23 Januari 1942, dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Bone Bolango pada 27 Januari 2024 mendatang.

Plt Bupati Bone Bolango Merlan Uloli di Bone Bolango Sabtu mengatakan, untuk pencanangan ketiga agenda kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 2 Januari 2024.

"Untuk Hari Anak Yatim, itu bakal kita isi dengan hal baru, yakni lomba adzan dan hafidz Al Quran antar-anak yatim. Kemudian untuk Hari Patriotik 23 Januari kita akan melaksanakan haul dan upacara di Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone," kata Merlan.

Kemudian untuk peringatan HUT ke-21 Bone Bolango pada tanggal 27 Januari 2024, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, kata Bupati, akan melaksanakan rapat paripurna.

"Jadi kita tinggal melaksanakan paripurna, tidak ada lagi upacara di lapangan, karena untuk menghemat anggaran," kata Merlan.

Mengenai pelaksanaan paripurna HUT Bone Bolango, Bupati Merlan Uloli pun meminta kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) agar segera menyampaikan perihal agenda tersebut ke pimpinan dan anggota DPRD Bone Bolango.

"Saya berharap untuk pelaksanaan paripurna HUT ke-21 Bone Bolango, itu sudah di gedung kantor baru DPRD Bone Bolango," katanyaa.

Ia juga mengungkapkan, untuk ulang tahun Kabupaten Bone Bolango di samping paripurna, Pemkab Bone Bolango juga akan melaksanakan kunjungan ke setiap kecamatan dengan agenda kegiatan pasar murah, pengobatan massal, dan pelayanan dokumen kependudukan.

"Saya minta ini dijadwalkan dan disiapkan. Saya berharap panitia yang terbentuk, mari sama-sama menyukseskan agenda ini dengan kegiatan anggaran yang murah meriah, dan membahagiakan rakyat," katanya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango Ishak Ntoma berharap dalam rangka mengisi acara Hari Anak Yatim, Hari Patriotik 23 Januari, dan HUT Bone Bolango yang pencanangannya pada tanggal 2 Januari 2024 bertepatan dengan apel kerja perdana awal tahun 2024, itu dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango.

"Kita harapkan kegiatan ini agar membumi di Bone Bolango, maka apel kerja perdana awal tahun 2024 dilaksanakan di masing-masing kecamatan, dan untuk tingkat kabupaten dipusatkan di halaman Kantor Bupati Bone Bolango," kata Ishak.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023