Plt Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli meminta Dewan Pengurus Cabang Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kabupaten Bone Bolango untuk menyukseskan program Keluarga Berencana (KB).

Hal tersebut disampaikan Bupati usai mengukuhkan Dewan Pengurus Cabang Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kabupaten Bone Bolango periode 2024-2028 di Kantor Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis

"Pengurus Cabang IPeKB Bone Bolango periode tahun 2024-2028, saya minta untuk meningkatkan peran serta dalam mensukseskan program kependudukan, keluarga berencana (KB) dan pembangunan keluarga di Kabupaten Bone Bolango," ucap Merlan di Gorontalo.

Bupati ingin program dan kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan oleh IPeKB Kabupaten Bone Bolango dapat berjalan selaras dengan program-program pemerintah daerah, terutama dalam percepatan penurunan stunting atau tengkes.

"Saya pun percaya di bawah pengawasan Dinas Sosial P3AP2KB, IPeKB Bone Bolango dapat membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bone Bolango," kata Merlan.

Sebagai profesional yang berbekal kemampuan teknis, kata Merlan, penyuluh Keluarga Berencana harus mampu berperan mengedukasi dan melakukan intervensi pada masyarakat dan kader, baik berperan sebagai administrator, fasilitator, inisiator, motivator maupun sebagai katalisator.

Ia berharap para penyuluh mampu menggerakkan dan mengembangkan program yang telah dicanangkan berupa DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting), Kampung Keluarga Berkualitas, Rumah Data Kependudukan, sehingga mampu berjalan efektif dan tepat sasaran.

"Olehnya keberadaan organisasi IPeKB Kabupaten Bone Bolango hendaknya mampu mendorong produktifitas dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme para penyuluh KB di Bone Bolango, terutama dalam mengentaskan berbagai masalah pengendalian penduduk dan KB," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023