Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara Suleman Lakoro mengajak para aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu untuk menunaikan zakat fitrah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.
 
"Saya harap seluruh ASN menunaikan zakat fitrah lebih awal. Jika pada Ramadhan sebelumnya kita memilih menunaikan zakat di akhir Ramadhan, ada baiknya kita mulai membudayakan menunaikannya lebih awal. Termasuk menunaikan melalui Baznas. Kita perlu menjadi teladan bagi masyarakat khususnya umat Islam dalam hal melaksanakan Rukun Islam tersebut," kata dia Gorontalo, Jumat.
 
Dia mengatakan dukungan ASN diperlukan dalam meningkatkan capaian pengumpulan zakat, infak, maupun sedekah sehingga bisa lebih banyak masyarakat kurang mampu dapat terjangkau layanan itu.
 
Menunaikan zakat fitrah, katanya, salah satu kewajiban umat Islam dalam membersihkan harta, apalagi untuk menunaikannya tidak hanya menjadi kewajiban namun melatih empati.
 
Oleh karena itu, kata dia, apresiasi yang tinggi juga diberikan kepada para ASN di lingkungan pemerintahan daerah tersebut yang secara rutin setiap bulan menunaikan zakat bersumber dari pendapatan per bulan.
 
"Bagi mereka yang belum menunaikan, saya harap dapat termotivasi pula," kata dia.
 
Pihak Baznas Gorontalo Utara menargetkan pengumpulan zakat fitrah dilakukan pada awal Ramadhan dimulai dari para pejabat pemerintah daerah agar menjadi teladan dan memotivasi umat Islam di daerah pesisir utara Provinsi Gorontalo tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024