Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Gorontalo melakukan uji kelaikan atau ramp check kendaraan bus di Terminal Dungingi, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Ini dilakukan untuk kesiapan kita pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini," ucap Kepala BPTD Kelas II Gorontalo Dominggus di Gorontalo, Kamis.

Dominggus menegaskan, pihaknya ingin memastikan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut pemudik sudah melalui pemeriksaan.

"Memang ada beberapa yang kurang tapi kita segera perbaiki untuk kesiapan besok dan mendatang," kata dia.

Menurut dia, arus mudik di Terminal Dungingi dimulai hari ini hingga Idul Fitri nanti, baik yang dari Manado dan Bitung, Kotambagu, Sulawesi Utara, atau Buol, Sulawesi Tengah dan Makassar, Sulawesi Selatan.

"Semua sudah kita antisipasi dan kita siap, terutama petugas di posko. Kita menggerakkan posko-posko dan di jembatan timbang itu kita jadikan rest area untuk pemudik beristirahat," ungkap dia.

Sejumlah sopir yang bus mereka diperiksa oleh petugas BPTD mengaku semua aspek keselamatan dan kelengkapan diperiksa. Mulai dari ban, rem, lampu, wiper hingga surat-surat kendaraan.

Menurut mereka, kegiatan rutin yang dilakukan oleh petugas adalah hal wajib untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik agar selamat hingga tujuan.
Petugas menyaksikan sopir bus mengganti ban pada pemeriksaan kelaikan atau ramp check di Terminal Dungingi, Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (4/4/2024). Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Gorontalo melakukan ramp check bus yang digunakan sebagai transportasi mudik Idul Fitri 2024 untuk memastikan kondisi bus dalam keadaan aman dan nyaman demi keselamatan penumpang. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024