Kapolda Gorontalo Irjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi memastikan keamanan arus mudik Idul Fitri di wilayah Provinsi Gorontalo melalui Operasi Ketupat 2024.

"Insya Allah kami berjanji supaya kegiatan Lebaran di Gorontalo bisa berjalan dengan aman damai dengan penuh kebersamaan dari seluruh potensi masyarakat yang ada," ucap Kapolda di Gorontalo, Kamis.

Ia menilai beberapa lokasi yang cukup rawan pada arus mudik di Provinsi Gorontalo yaitu di perbatasan dengan Sulawesi Utara maupun Sulawesi Tengah.

"Sehingga apabila para pemudik atau yang lain kelelahan, di situ sudah ada pos pelayanan, pos terpadu dan pos kesehatan. Jadi bisa beristirahat untuk perjalanan selanjutnya," kata Irjen Pol Pudji.

Kapolda menjelaskan, Operasi Ketupat 2024 melibatkan TNI, Polri, Basarnas, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Pradja dan unsur lainnya.

Ia menekankan pentingnya kesiapan dan ketangguhan pasukan dalam menjaga keamanan selama libur Lebaran. Operasi Ketupat bertujuan untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di berbagai daerah selama periode mudik dan arus balik.

Pasukan dari berbagai satuan diharapkan siap untuk menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul, seperti kecelakaan lalu lintas, peningkatan kriminalitas, dan potensi gangguan keamanan lainnya.

"Diharapkan juga kerja sama antara instansi terkait serta masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga Kamtibmas dengan melaporkan segala hal yang mencurigakan kepada pihak berwenang," kata dia.

Kapolda menambahkan, Operasi Ketupat 2024 akan berlangsung dengan ketegasan dan profesionalisme, serta mengutamakan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat selama periode libur Lebaran tahun 2024.
Sejumlah personel Polda Gorontalo mengikuti apel di Mapolda Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Kamis (4/4/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024