Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan bantuan paket sembako kepada 300 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Molalahu, Kecamatan Pulubala.

"Dalam situasi seperti ini, pemerintah memberikan dukungan, tidak hanya melalui bantuan sembako, tetapi juga melalui program lainnya," ucap dia di Gorontalo, Senin.

Ia menjelaskan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng dan pangan lainnya itu disalurkan dalam rangka mengatasi krisis pangan yang disebabkan gagal panen dan kondisi musim  kekeringan.

Bupati Gorontalo dua periode itu, mengajak masyarakat untuk menerapkan diversifikasi pangan dengan memperluas variasi bahan pangan karbohidrat selain nasi, seperti ubi kayu, ubi jalar, talas, dan pisang.

Pada kesempatan itu, ia meminta masyarakat menerapkan pola makan sesuai kebutuhan, termasuk menghindari pemborosan makanan.

"Saya berharap masyarakat memiliki kebijaksanaan dalam mengonsumsi pangan," ujar Bupati Nelson.

Ia menekankan pentingnya penanaman pangan secara berkelanjutan, terutama pada musim yang baik dengan jenis komoditi yang tepat.

"Ini strategi kita perlu lakukan sebagai langkah untuk memastikan ketersediaan pangan yang memadai," ucap dia.

Ia berharap, saat kondisi cuaca mendukung, masyarakat terus menanam, karena pangan merupakan kebutuhan yang paling mendasar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024